Kenapa Sekolabilitas?

Isu disabilitas masih menjadi hal yang tabu di masyarakat Indonesia. Sampai hari ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa para difabel tidak layak untuk menempati posisi-posisi penting di masyarakat. Akibatnya, banyak dari mereka yang akhirnya tersingkirkan dari kehidupan sosial. Tantangan demi tantangan harus dilewati demi bisa dianggap sejajar dengan mereka yang ‘sempurna.’ Salah satu tantangan terbesar yaitu menghadapi dunia pendidikan yang kurang menghargai dan mengakomodasi masyarakat difabel.

Tidak sedikit sekolah-sekolah umum di Indonesia yang bersembunyi di balik sejuta alasan untuk tidak menerima mereka yang ‘berbeda’, meskipun sebenarnya banyak dari mereka mampu dan bahkan lebih berprestasi dibandingkan teman-teman non-difabel lainnya. Namun, patut disayangkan hanya karena alasan kebutuhan tambahan fasilitas yang tidak terpenuhi, impian mereka untuk mengenyam pendidikan di sekolah yang mereka idam-idamkan harus terpendam.

Oleh karena itu, Sekolabilitas hadir sebagai lilin harapan bagi anak difabel dan anak berkebutuhan khusus (ABK) di Indonesia yang selama ini hak-hak konstitusionalnya atas pendidikan yang berkualitas hanya merupakan sederet kalimat yang tertuang dalam undang-undang.

Sekolabilitas bertekad untuk turut ambil bagian dan berperan aktif dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang berpondasikan nilai-nilai inklusivitas, sesuai dengan amanat Undang-undang. Kami menyadari bahwa harapan akan terciptanya pendidikan yang adil dan inklusif harus disematkan pada setiap dari kita. Berbagi tanggung jawab, kami ingin mengawal janji konstitusi tersebut dengan terjun langsung pada akar masalah.

Impian kami adalah anak difabel dan ABK di Negeri ini tidak lagi dipandang sebelah mata. Sudah sepatutnya mereka dinilai melalui apa yang bisa mereka lakukan, bukan dari apa yang tidak bisa mereka lakukan. Aspirasi kami adalah agar mereka dianggap setara, meskipun dengan cara yang berbeda. Bahwa di balik keterbetasan yang mereka miliki, tersimpan potensi besar dalam diri mereka.

Terakhir dan yang terpenting, kami sama sekali tidak berniat untuk menjadikan Sekolabilitas sebuah organisasi yang akan bertahan selamanya. Justru, sejak ide awal tercetus, kami sungguh berharap Sekolabilitas menjadi organisasi yang tercipta sementara. Ya, kami ingin organisasi ini tidak berdiri lama. Mengapa demikian?

Sebab kami ingin misi kami segera terealisasi. Kita tak lagi memerlukan Sekolabilitas ketika hak-hak anak difabel dan ABK di Indonesia telah terintegrasi dan otomatis terpenuhi dalam sistem pendidikan tanpa perlu layanan advokasi atau bantuan apapun. Jika komitmen untuk mewujudkan hal di atas benar-benar dimaknai dan dijalankan dengan penuh amanah oleh pemerintah, kami dengan senang hati siap menutup organisasi ini.

Visi

Memfasilitasi anak difabel dan anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk mendapatkan hak konstitusional atas pendidikan berkualitas hingga terwujudnya Indonesia ramah difabel.

Misi

  1. Menjadi organisasi yang bergerak dalam perlindungan anak difabel dan ABK yang meliputi sarana aduan, pelaporan, dan pelayanan atas berbagai bentuk diskriminasi yang mereka alami dalam bidang pendidikan.

  2. Menginisiasi terbentuknya pendataan terpadu dan sistem informasi yang terintegrasi guna memudahkan setiap anak difabel dan ABK memperoleh akses pendidikan berkualitas.

  3. Memastikan setiap anak difabel dan ABK dapat mengenyam pendidikan formal melalui:

    • Advokasi kebijakan ramah difabel pada level pemerintah, sekolah, dan institusi terkait lainnya untuk mewujudkan pendidikan inklusif yang diamanatkan oleh undang-undang.

    • Memberikan pendampingan bagi anak difabel dan ABK mulai dari proses mencari, mendaftar, dan menegosiasi sekolah, disesuaikan dengan kebutuhan.

    • Mengakomodasi anak difabel dan ABK dengan kemandirian fisik dan psikologis melalui pendampingan berkala.

  4. Secara berkelanjutan memberikan sosialisasi dan edukasi publik tentang pentingnya peran serta setiap level masyarakat dalam menghapuskan diskriminasi dan mewujudkan pendidikan Indonesia yang inklusif.